Jumat, 30 Mei 2014

RPP



RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Micro Teaching
Dosen Pengampu: 
Saminanto, S.Pd., M.Sc dan Emy Siswanah, S.Pd., M.Sc


Description: IAIN (Hitam).jpg


Oleh:
Luthfiyatul Hiqmah    (113511048)


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2014



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)   
Satuan Pendidikan          :SMP N1 GODONG
Kelas/Semester                :VII/1
Mata Pelajaran                 : Matematika
Topik                               : Bilangan
Waktu                              : 1 × 15 menit

A.  KI :
Kompetensi Inti :
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait  fenomena dan kejadian tampak mata
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator:
2.1    Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
2.1.1   Menunjukkan sikap teliti dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
2.1.2   menunjukkan sikap kritis dalam menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
3.2    Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.
3.2.1        Menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
C.  Tujuan Pembelajaran
Dengan make a match danTeam group turnament dalam pembelajaran bilangan  ini diharapkan peserta didik memiliki sikap teliti dan kritis dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat secara tepat dan sistematis.
D.  Materi Pembelajaran
1.      FPB
Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua bilangan bulat atau lebih adalah bilangan terbesar diantara faktor-faktor persekutuannya.
Contoh soal
Tentukan FPB dari bilangan 72, 48 dan 40
Penyelesaian :
Cara I
a.       Tulis seluruh faktor dari bilangan 72, 48, dan 40.
Faktor dari 72 adalah bilangan 1, 2, 3, 4, 6, 8, 9, 12, 18, 24, 36, 72.
Faktor dari 48 adalah bilangan 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 48.
Faktor dari 40 adalah bilangan 1, 2, 4, 5, 8, 10, 20, 40.
b.      Tulis semua faktor yang sama (faktor persekutuan) yang dimiliki keseluruhan bilangan.
Faktor Persekutuan dari 72, 48 dan 40 adalah 1, 2, 4, 8.
c.       Diantara faktor-faktor yang sama, lihat mana faktor yang terbesar yang dimiliki keseluruhan bilangan.
Faktor Persekutuan terbesar dari 72, 48 dan 40 adalah 8
Cara II
a.      Untuk menentukanfaktor-faktor prima dari 72, 48 dan 40 menggunakan pohon faktor.
Nyatakan setiap bilangan yang diberikan sebagai hasil kali faktor-faktor prima.
72 = 2 × 2 × 2 × 3 × 3 = 23 × 32
48 = 2 × 3 × 2 × 2 × 2 = 3 × 24
40 = 2 × 2 × 2 × 5 = 23 × 5
b.      Perhatikan faktor-faktor prima yang dimiliki bersama. Jika faktor yang sama itu pangkatnya berbeda,ambil faktor yang pangkatnya terkecil.
Faktor prima yang sama adalah bilangan 2 sebanyak 3.
c.       FPB dari bilangan-bilangan yang diberikan adalah hasil kali faktor-faktor prima yang sama.
FPB dari 72, 48, dan 40 adalah 2 × 2 × 2  = 8
Cara III
a.       Lakukan pembagian terhadap bilangan 72, 48, dan 40 dengan bilangan-bilangan prima.
b.      Jika salah satu bilangan tidak habis dibagi dengan suatu bilangan prima, sementara bilangan yang lain habis dibagi, itu menunjukkan bahwa bilangan prima tersebut bukan faktor prima bersama. Jikakeseluruhan bilangan yang diberikan habis dibagi suatu bilangan prima maka bilangan prima pembagiitu dilingkari.
c.       Lakukan pembagian dengan bilangan prima berikutnya sampai hasil pembagian terakhir, seluruhnyaadalah 1.
d.      FPB dari bilangan-bilangan yang diberikan adalah hasil kali bilangan-bilangan prima yang dilingkari.
FPB dari 72, 48, dan 40 adalah 2 × 2 × 2  = 8

E.  PendekatandanMetodePembelajaran
PendekatanPembelajaran      :scientific/ilmiah
MetodePembelajaran             : make a match dan Team group turnament.

F.   Media/Alat/Sumber Pembelajaran
1.      Media                    : Kartu soal dan jawaban, lembar jawab
2.      Alat                       : spidol, isolatip
3.      Sumber                  : Buku teks matematika Kemdikbud.

G. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Peserta didik dan guru memasuki kelas tepat waktu, kemudian gurumengucapkan salam terlebih dahulu. Sebelum memulai pelajaran, peserta didik dan guru  mengucapkan basmallah bersama-sama.
2.      Guru memberikan motivasi mengenai hubungan materi bilangan dengan al qur’an, pentingnya memahami materi bilangan dan memberikan penjelasan mengenai keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

ôs)©9÷Lài9|Áômr&öNèd£tãur#ttãÇÒÍÈ
Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.

3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
3 menit
Inti
1.      Mengamati
Peserta didik membaca buku sehingga menemukan langkah-langkah menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
2.      Menanya
Peserta didik ditanya tentang  bilangan prima, faktor prima dan faktorisasi prima sebagai unsur untuk menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
3.      Eksperimen dan Menalar
-          Setiap peserta didik dibagikan satu buah kartu yang berisi jawaban
-          Peserta didik memikirkan jawaban kartu yang dipegang.
-          Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya.
-          Setelah bertemu dengan pasangannya dan membentuk kelompok lalu berdiskusi untuk menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat dengan mengurutkan langkah-langkahnya.
4.      Mengkomunikasikan dan menalar
-       Peserta didik diminta untuk berdiri berbaris menurut kelompok
-    Setiap kelompok menempelkan jawaban kepapan tulis secepat mungkin.
-          Kelompokselesaiterlebihdahuluakanmendapat reward
-          Salah satu anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya.
-          Kelompok lainya menyimak presentasi kelompok yang maju
10 menit
Penutup
1.      Peserta didik mengerjakan soal sebagai bahan evaluasi, dan dikumpulkan.
2.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.      Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal FPB sebagai tugas rumah dan mempelajari materi berikutnya.
4.      Peserta didik bersama guru  mengucapkan hamdallah.
5.      Kemudian Guru mengucap salam dan meninggalkan kelas tepat waktu. (sikapdisiplin dan religius).
2 menit

H.  PenilaianHasilBelajar
1.      TeknikPenilaian : pengamatan, testertulis
2.      ProsedurPenilaian :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
a.    Sikap teliti dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
b.    Sikap kritis dalam menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2
Pengetahuan
a.    Mampu menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
b.    Mempu mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan mementukan FPB
Pengamatan dan tes
Menyelesaikan tugas individu maupun kelompok

I.     Instrument Penilaian Hasil Belajar
Testertulis
Tentukan FPB dari bilangan-bilangan berikut!
a.    32, 42, dan 36                       b. 15, 30, dan 45

WORKSHEET
(untuk tugas kelompok)
Tentukan FPB dari bilangan 72, 48 dan 40,denganmenggunakancaradanlangkah yang berbeda

Kelompok 1
Kelompok2
Kelompok3
Langkah
Penyelesaian
Langkah
Penyelesaian
Langkah
Penyelesaian




















LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : VII/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     :

Indikator sikap teliti dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
1.      Kurang baik jika peserta didik menunjukkan sama sekali tidak kritis dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
2.      Baik jika peserta didik menunjukkan sudah ada  usaha kritis dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika peserta didik menunjukkan sudah kritis dalam menemukan FPB dari bilangan-bilangan bulat secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap kritis dalam menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat
1.      Kurang baik, jika peserta didik menunjukkan sama sekali tidak teliti dalam menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat.
2.      Baik, jika peserta didik menunjukkan sudah ada usaha teliti dalammenentukan FPB dari bilangan-bilangan bulattetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik, jika peserta didik menunjukkan sudah teliti dalam menentukan FPB dari bilangan-bilangan bulat secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Nama Peserta didik
Sikap
Teliti
Kritis


KB
B
SB
KB
B
SB


















Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik
                                                                                                Semarang, 21 Mei 2014
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas


Luthfiyatul Hiqmah                                                                            Ana Luthfiana
NIP. 01021992 2018 03                                                                     NIP. 05021992 2020 05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar